Ar-Rahman
17.25.00
الرحمن
YANG MAHA PENGASIH DAN PENYAYANG
Ini adalah dua nama ALLAH yang mulia dan banyak di sebutkan dalam Al quran Al karim
ALLAH ta’ala berfirman.
ٱلرَّحۡمَٰنُ عَلَى ٱلۡعَرۡشِ ٱسۡتَوَىٰ ٥
“yaitu yang maha pemurah yang bersemayam di atas arsy.”{QS.Toha.5}
“kemudian dia bersemyam di atas arsy {QS Al furqan}
“sesungghnya aku hawatir bahwa kamu akan di timpa azab oleh yang maha pemurah {QS.maryam.45}
“Rabb yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya yang maha pemurah {QS.an-naba.37}
“Rabb yang maha pemurah,yang telah mengajarkan AL Quran {QS ar-rahman.1-2}
Kebanyakan nama “ar-rahim” disebutkan dalam AL Quran dengan di ikat oleh kata kata lain,semisal firman ALLAH,
“dan adalah dia maha penyayang kepada orang orang yang beriman”{AL ahzab.43}
tau di gandengkan dengan nama”ar-rahman”sebagaimana dalam surat AL-fatihah dan basmallah, atau dengan di gandengkan dengan nama yang lain semisal”Al aziz,ar-rahim”,Al ghofur,ar-rahim”dan”At-tawwaabu.ar-rahiim.”
Kedua nama ini memiliki kedudukan yang sangat tinggi dan mulia.
Kedua nama ini ALLAH jadikan sebagai pembuka induk AL QURAN dan sebagai lambang petunjuk dan penerang.ALLAH mengnggabungkan keduanya dalam suatu ucapan,yang setan tdk akan mungkin bisa leluasa.nabi sulaiman menjadikanya sbgai pembuka suratnya dan jibril selalu turun denganya kepada Nabi SAW setiap kali pembukaan surat dalam AL QURAN.
Kedua nama ini selalu di gandengkan dalam beberapa tempat dalam AL QURAN,dan keduanya menunjukan akan sifat rahmat bagi ALLAH ta’ala.akan tetapi,penggabungkan keduanya juga menunjukan akan sifat dan pengaruh serta yang berkaitan denganya.Ar-rahman memiliki sifat rahmat dan ar-rahim adalah yang memberi rahmat kepada hamba hambanya.oleh karena itu,ALLAH ta’ala berfirman,
“dan adalah dia maha penyayang kepada orang orang yang beriman.”{QS al-ahzab 43}
“sesungguhnya ALLAH maha pengasih lagi maha penyayang kepada mereka”{QS at-taubah 117]
Dan tidak pernah ada kata kata:”Ar-rahman”kepada hamba hambanya atau rahman kepada orang orang yang beriman.
Ar-rahman sesuai dengan wazan (rumus) yang menunjukan akan sifat yang tetap lagi sempurna.
maksudnya di antara sifatnya adalah arahman dan ar-rahim menunjukan akan pengaruhnya terhadap obyeknya yaitu dia merahmati dengan perbuatnnya.
Di dalam nama ini terkandung kesempurnaan rahmat yang merupakan sifat ALLAH dan keluasaanya.apa yang ada di bumi dan di langit dari kemaslahatan,kecintaan,kegembiraan,dan kebaikan,maka itu dari pengmruh rahmat ALLAH.demikian pula di jauhkannya mereka dari segenap hal hal yang di benci,azab,malapetaka,hal hal yang menakutkan,dan mara bahaya serta kemudharatan merupakan pengaruh dari rahmat ALLAH.karena tidak ada yang bisa mendatangkan kebaikan,kecuali dia dan tidak ada yang bsa menolak bahaya,kecuali di,dialah yang maha merahmati.
Rahamatnya mendahului dan nengalahkan kemurkannya dan selalu nampak pd makhluk makhluknya dengan jelas yang tidak di pungkiri.rahmatnya memenuhi seluruh penjuru langit dan bumi dan memenuhi hati hati makhluk hingga sebagian mereka menyayangi sebagian yang lain karena pengaruh rahmat trsbt yang dia tebarkan dalam hatimereka.sampe sampe hewan hewan yang tidak mempunyai harapan dan tidak takut balasan (di akherat) mereka merahmati anak anak mereka.dan jiaka perhatikan rasa kasih sayang ini dalam diri mereka,hal ini menunjukan akan dampak rahmat sang penciptaanya yang amat luas.demekian pula nampak jelas pengaruh rahmatnya dalam perintah dan syariatnya seprti yang nampak dalam pengelihatan dan hati manusia serta di akui oleh setiap yang memiliki akal sehat.syariatnya adalah cahaya,rahmat,dan petunjuk.syariatnya mengandung rahamat dan menyampaikan kepada rahmat termulia,kemuliaandan kebahagian serta kesuksesan.ALLAH mensyariatkann hal hal yang menyusahkan dan memberatkan.hal ini semuanya menuunjukan akan keluasan rahamat,kebaikan,kedermawanaan,dan kemulyaanya.larang laranganya semuanya adalah rahmat,karena hal tersebut menjaga agama,akal,kehormatan,badan,akhalaq,serta harta mereka dari kejelekan dan kemadhuratan.
Pada hari kiamat,ALLAH ta’ala mengkhususkan orang orang yang beriman kepadnya dan kepada rosul rosulnya dengan rahmat,keutamaan,dan kebaikan.ALLAH memuliaakan mereka dengan pengampunan dan pemaafan yang tidak bisa di ungkapan oleh lisan dan tidak bisa di bayangkan oleh akal pikiran.di dalam hadist di sebutkan,
“sesungguhnya ALLAH memiliki 100 rahmat,dia turunkan 1 rahmatnya kepada jin,manusia,binatang ternak,dan serangga.dengan rahmat itulah mereka saling mengasihi,menyayangi dan denganya binatang buas menyayangi anaknya.ALLAH mengahirkan 99 rahmatnya utk merahmati hamba hambanya pada hari kiamat.” {Mutafaqun alaih}
Ini adalah rahmat yang tidak bisa di ungkapan dengan lisan yang ALLAH berikan kepada hamba hambanya yang beriman.
“dan rahmatku meliputi segala sesuatu.maka akan aku tetapkan rahmatku untuk orang orang yang bertakwa,yang menunaikan zakat dan orasng orang yang beriman kepada ayat kami.{QS.AL araaf 156}
Seorang hamba ketika ketaatanya sangat besar dan bertambah kedekatanya kepada ALLAH maka dia akan mendapatkan bagian yang lebih besar dari rahmatnya ALLAH berfirman.
“AL QURAN itu adalah kitab yang kami turunkan yang berkati,maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu di beri rahamat.”{QSAL an’aam 155}
“dan dirikan lah sholat,tunaikan zakat,dan ta’atlah kepada rosul,supaya kamu di beri rahmat.” {QS an nuur}
“sesungguhnya rahmat ALLAH amat dekat kepada orang orang yang berbuat baik.” {QS Al araaf 56}
Dan ayat ayat semisal ini sangat banyak.
ALLAH ta’ala lebih menyayangi hamba hambanya dari pada kasih sayang sebagian mereka terhadap sebagian yang lain,meski sangat besar kasih sayang mereka tersebut.di dalam ash-shahihain dari umar bin khatab RA bahwasanya beliau pernah berkata”pernah di datangkan Para tawanan kepada rasulullah SAW.beliau dapati seorang wanita dari tawanan tersebut ,jika menemukan bayi yang di tawan,wania tersebut mengambilnya dan mendekapnya dengan erat serta menyusuinya.rasulullah SAW bersabda kepada kita,”apakah kalian mengira bahwa wanita tersebut akan melemparkan ankanya ke dalam api,?”mereka menjawab,”tidak, demi ALLAH,dia tidak akan melemparkanya ke dalam api.” Rasulullah SAW pun bersabda “sungguh ALLAH ta’ala lebih mengasihi hamba hamba nya dari pada wanita tersebut terhadap anaknya.”
Manusia yang paling menyayangi orang lain adalah seorang ibu kepada anaknya.seandainya anda mengumpulkan semua rahmat manusia yang paling kasih sayang maka hal tersebut masih sangat jauh dari rahmat ALLAH.
Perlu untuk din perhatikan bahwa rahmat yang di sandarkan kepada ALLAH ada dua macam,yaitu rahmat yang umum yang di gandengkan dengan ilmu seperti dalam firmanya
“ya robb kami ,rahmat dan ilmu engkau meliputi segala sesuatu,”{QS ghofir 7}.segala sesuatu yang telah sampai ilmunya kepada nya,maka rahmatnya telah sampai kepadanya karena ALLAH menggandengkan rahmatnya dengan ilmu.ini adalah rahmat yang mencangkup semua makhluknya
Hinggga orang kafir mendapat rahmat berupa rahmat badan seprti makanan,minuman,pakaian,tempat tinggal dan lain sebagainy.selain itu,rahmat kusus yang di kususkan bagi hamba hambanya yang beriman,yaitu ramat imaniyah,di iniyah ukhrowiyah yang berupa taufik kepada ketaatan,kemudahan dalam berbuat kebaikan ketetapan dalam iman dan petunjuk kepada jalan yang lurus,kemuliaan untuk masuk surga dan keslamatan dari api neraka
Kita memohon kepada ALLAH untuk memasukan kita dengan rahmatnya ke dalam golongan hamba hambanya yang sholih dan untuk menganuhgerahkan kepada kita rahmatnya yang dia peruntukan kepada wali walinya orang orang yang beriman.sesungguhnya dia maha dermawan dan maha mulia serta dia maha merahmati.